Windows 10 Tidak Akan Lagi Memerlukan Waktu yang Lama dalam Proses Update Software

Windows 10 Tidak Akan Lagi Memerlukan Waktu yang Lama dalam Proses Update Sofware

 

Satu hal yang mengurangi kehandalan Windows 10 dalam 2 tahun terakhir ini adalah mengenai proses update software yang memakan waktu lama. Untungnya, hal ini akan berakhir setelah proses upgrade Windows 10 terbaru dilakukan. Jadwal update berikutnya yang dijadwalkan pada bulan April depan, proses penginstalan update akan memakan waktu yang lebih cepat daripada sebelum di-upgrade.

Proses penginstalan akan dibagi menjadi 2 tahap, yaitu tahap online dan tahap offline. Tahap online berarti tahap dimana komputer Kamu masih bisa digunakan seperti biasa sedangkan tahap offline adalah tahap proses reboot komputer Kamu dimana akan ditampilkan persentasi proses penginstalan.

Microsoft mengestimasi bahwa Creator Update, yang dirilis hampir setahun yang lalu memerlukan waktu sekitar 82 menit dalam tahap offline. Penyempurnaan dilakukan pada Fall Creator Update dimana proses penginstalan hanya memakan waktu 51 menit. Jadwal update berikutnya (setelah update bulan April) diramalkan hanya akan memakan waktu 30 menit saja.

Penyingkatan proses penginstalan update ini berasal dari tahap online. Proses update ini pada dasarnya adalah proses versi modifikasi dari proses instalasi Windows dan proses upgrade sendiri. Pada tahap online terjadi proses penggandaan sistem operasi baru yang kemudian dinstalasi, dan pemigrasian (pemindahan proses dari tahap offline ke tahap online) seluruh proses penyetingan user content serta penyetingan program aplikasi.

Microsoft menyatakan bahwa pada tahap online akan memerlukan waktu agak lama namun dalam tahap ini diproses dengan prioritas rendah sehingga tidak akan mengganggu penggunaan komputer. Jadi, pada saat proses update terjadi, Kita masih bisa menggunakan komputer layaknya seperti biasa.

Sumber: Arstechnica

 

Artikel Terkait